17 Juli 2009

kiat sukses hadapi ujian

Ada sedikit tips nich dari ASC buat temen-temen yang bentar lagi mau ujian akhir, secara banyak temen temen yang masih sering bingung dan stress kalo ujian tiba hehe,,, nah, ni dia kiat-kiat sukses menghadapi ujian akhir yang harus dijalankan oleh sobat sekalian biar ujian bisa kita lewati dengan lancar:

1. jaga kondisi fisik dan mental
jangan sampai pas hari H tiba, badan dalam keadan tidak fit, karna itu akan mempengaruhi konsentrasi kita saat ujian
2. hindari sistem SKS ( sistem kebut semalam )
banyak orang bilang sistem sks ini sangat ampuh digunakan untuk mempermudah kita mengingat kembali pelajaran-pelajaran yang telah diberikan, namun kenyataannya pas hari ujian tiba, bukannya ingat apa yang di hafal, justru ngantuk yang didapat, akibatnya pun bisa fatal, konsentrasi jadi sulit didapat. selain itu dengan menghindari sistem sks ini bisa membuat pikiran kita jadi fresh esok harinya .
3. Berikan sugesti yang positif pada pikiran kita,
karna dengan sugeti yang positif maka hasil yang diraih pun bisa menjadi hasil yang positiv juga, jangan sekali-kali membebani pikiran dengan sugesti yang negativ, karna percaya atau tidak sugesti yang diberikan pada pikiran berpengaruh besar pada keadaan sebenarnya yang akan terjadi, oleh karna itu mulai sekarang berikanlah selalu sugesti yang positiv pada pikiran kita seperti sugesti " saya yakin saya bisa meraih hasil yang memuaskan dalam ujian akhir ini" sebanyak-banyaknya.
4. rilexs
jangan terlalu tegang saat mengisi lembar soal, karna otak akan lebih mudah mengingat apa yang telah dipelajari saat kita dalam keadan rilexs. pada saat belajarpun demikian, usahakan pikiran selalu dalam keadaan rilexs, dan lebih efektif lagi jika belajar ditempat-tempat yang sunyi dan sejuk.
5. jadilah diri sendiri
jangan mudah percaya pada bocoran soal, apalagi yang tidak jelas sumbernya, salah-salah bukannya lulus malah sebaliknya. karna apapun hasil yang diraih jika kita mengerjakannya secara fair dan jujur , tentu akan menjadi kebaggaan tersendiri buat kita. oleh karna itu terapkan selalu motto" be your self"
6. Buat kelompok belajar
dengan belajar kelompok, memudahkan kita untuk bisa saling tukar pengetahuan, informasi dan masih banyak lagi tanpa mengikuti les, usahakan dalam suatu kelompok belajar yang diikuti terdapat minimal satu orang yang dirasa memiliki pengetahuan lebih ( lebih pintar )
7. Doa
banyak orang meremehkan kekuatan doa, padahal kekuatan dari doa ini sangat besar,tergantung dari kesungguhan kita berdoa, oleh karna itu mulai dari sekarang bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, agar tercapai apa yang kita inginkan
8. Siapkan Perlengkapan
siapan perlengkaan yang akan kita bawa saat mengikuti ujian, jangan sampai ada yang tertinggal, karna itu akan merugikan diri sendiri, seperti berkurangnya waktu untuk membeli peralatan yang tertinggal, dll.

Nah dengan dari semua persiapan dan tips yang udah ASC saranin, temen temen bisa nambahin lagi berbagai persiapan lain dari temen-temen yang menurut temen temen penting. Selamat ujian dan semoga sukses!

0 komentar:

Posting Komentar