07 Mei 2012

Hari Air Sedunia

Dunia memperingati Hari Air Sedunia yang sudah dicanangkan sejak tahun 1993 pada 22 Maret 2012 lalu. Dengan slogan “Water and Food Security”, masyarakat diingatkan untuk memelihara ketahanan air demi kelangsungan kebutuhan pangan. Tanpa air, pangan akan musnah. Mahsiswa Fakultas Teknologi Pertanian, khususnya yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (PERMATETA) menggelar aksi longmarch dan kampanye untuk menyemarakkan hari itu.
Berangkat pukul 9 pagi dari FTP, mereka mengoarkan semangat pentingnya hemat air dan ketahanan pangan di Bundaran UGM. Termasuk dalam aksi tesebut, dilaksanan orasi dan pembagian leaflet dan stiker yang berisi ajakan untuk menghemat air dan cara-cara untuk menghemat pemakaian air. Malamnya, diadakan renungan yang diisi oleh Prof. Muhjidin Mawardi yang antara lain menggugah kesadaran mahasiswa akan hemat air dan kedaulatan air. Pentas akustik yang menampilkan band dari setiap angkatan serta dosen dan karyawan juga meramaikan acara itu.
Dengan adanya hari air sedunia, diharapkan kontribusi kita sebagai mahasiswa untuk melakukan penghematan air, mengingat semakin langkanya sumberdaya air yang layak konsumsi dan tekanan yang makin kuat terhadap air. Tindakan kecil seperti tidak membuang atau memboroskan makanan, diet sehat, mengkonsumsi makanan yang bergizi yang diproduksi dengan hemat air serta tindakan kecil yang bisa berdampak pada ketahanan air dan pangan. Air adalah elemen vital dalam kehidupan manusia dan sudah ditetapkan dalam UUD 1945 sebagai hajat hidup orang banyak.
Selamat hari air sedunia 2012, semoga kesadaran kita akan pentingnya menghemat air bertambah dengan semaraknya kampanye pada hari tersebut.

Arum Kartika
Departemen Jaringan Eksternal

0 komentar:

Posting Komentar